TM (Teman Maya) 1111


1111.pngPukul tiga lebih lima menit, iseng-iseng saya mengecek facebook. Ada satu pemandangan yang menarik mata saya untuk menyaksikan jumlah angka yang tertera di layar. Angka itu adalah : 1111, seribu seratus sebelas. Angka yang cantik jika ditaruh akhiran nomor telepon seluler. Itu bukan deret angka nomor telepon saya prend, jumlah 1111 adalah jumlah teman saya di dunia facebook.

Banyak tidaknya jumlah teman bukanlah pertanda baik atau buruk. Beberapa teman yang pernah saya temui sudah enggan mengkonfirm sebuah account jika yang bersangkutan benar-benar tidak mengenalnya. Teman maya bukan jaminan teman sesungguhnya. Ia tak merefleksikan kenyataan yang sesungguhnya. Biasanya yang berpendapat seperti ini pernah mengalami trauma promosi, wallnya di terisi penuh dengan penawaran-penawaran barang, atau kadang sering di tag photo-photo promosi barang-barang elektronik. Privasi menjadi kata kunci disini.

Saya pribadi memaklumi jika ada teman yang mengambil inisiatif diatas, tapi teman adalah teman. Ia tak mengenal maya atau tidak maya. Cantik atau tidak cantik, jelek atau tidak jelek. Teman adalah sebuah kebajikan yang dilandasari atas dasar rasa kemanusiaan, dan rasa menghormati sesama. Teman adalah tempat berlabuh dari proses bernama sosialisasi. Tanpa teman, sosialisasi tidak berjalan mulus. Jika memang benar bahwa sosialisasi dan saling berbaur atas nama kemanusiaan tersebut membawa rejeki, saya kira teman virtual juga akan membawa rejeki meskipun kadang sifatnya rejeki virtual.🙂

Yang perlu dikendalikan hanya klasifikasi teman. Sangat realistis jika kita membagi-bagi mereka dalam ring-ring tertentu. Ada ring satu yakni teman hidup yang secara subyektif bisa berarti istri, suami, anak, kadang juga Tuhan. Ada teman berbagi entah itu kakak, adik, ibu, ayah. Dan beberapa klasifikasi teman-teman yang dalam disetting sedemikian rupa sesuai dengan selera Anda.

By The Way any way microlet way (karena di surabaya gak ada bus way), saya ucapkan terima kasih pada teman-teman virtual saya yang sudah mau berbagi cerita, ide, keluhan, atau bahkan umpatan sekalipun. Keep terus silaturahmi virtualnya yach….🙂


Komentar

