Malam Panjang sama CIPRET


Kemaren isun ke rumah bang joel, salah satu teman yang setia ngebantu buat ngurusin software-software yang dipesan ama customer-customer isun. Ceritanya gini, salah satu customer ngebet banget softwarenya dijadikan dengan cepat meskipun bayarannya gak pasti dilunasin kapan. Tu garapan sebenarnya da selesai, tinggal dikit aja, tapi karena emang duitnya gak jelas ya gimana lagi. Alasan bayaran yang diakhir-akhirkan itulah jadi penghalang buat kita nyelesein tu software. Karena ada bunyi ancaman, yach akhirnya sebagai warga negara yang baik, kita kalah dan kudu secepatnya nyelesein tu kerjaan.

Syukurnya, ni software akan jadi besok (kamis 4 nopember 2011). Abis itu rencananya akan diserahin ke orangnya. Ya sapa tau ntar dilunasin bayarnya, soale kita juga ngerjainnya agak-agak melas alias butuh duit banget. Di proposalnya diya jual tu software ratusan juta, tapi karena kita butuh duit ya kita buatin software itu dan ngejual ke orangnya dengan harga tiga juta rupiah. Hu..hu..hu..beginilah nasip orang punya potensi tapi gak punya harga diri. Lunglai di hadapan kebutuhan. Alhamdulillah, walaupun sempet butuh duit, kita gak ngejual diri. Ha..ha…ha.. (walau dijual juga gak laku man).

Saat lagi ngeden ngoding tu software, isun sempat bikin hiburan. Agak-agak ngegila dikit biar pikiran gak migrain. Isun bikin tokoh fiksi ilmiah. Berikut ini petikan ceritanya :

***

Perkenalkan saudara-saudara setanah air baik di alam dunia maupun alam kubur. Nama gue Cipret, kependekan dari ACI DIPERET. Knapa? Karena emang gue mainan anak-anak yang dijual ama abang-abang di sekolahan seharga sepuluh ribu tiga. Susunan tubuh gue elastis karena gue terbuat dari tepung terigu yang dimasukin balon karet. Ini photo narsis gue :

Karena saking elastisnya, tubuh gue dipegang-pegang ama banyak orang. Gue sebenarnya gemes ngeliat tangan-tangan jahil yang ngejamah tubuh gue dengan serampangan. Biar kata gue kecil, tapi GUE PUNYA HARGA DIRI. Loe-loe manusia semua emang jahat banget. Mentang-mentang gue alus dan bisa modot, akhirnya loe olor-olor kesana kemari.

(pose mulut gue, kepaksa digenjet ama tangan item…)

Ni malem emang apes. Ketemu ama orang-orang lagi pusing ngerjain codingan ampek jam dua pagi. Karena tanpa kerjaan, gue ditanyaain ama Cak Kandas. Pertanyaan yang sulit karena dipaksa buat ngejawabnya.

Cak Kandas : “Kamu pilih mana? Pilih rokok, korek, kunci, sisa kopi atau dompet”

Gue : “Kalo gak milih emang knapa?”

Cak Kandas : “Resikonya terlalu gedhe buat kamu. Kalo gak milih, isun sunat ente ampek ujung pangkal gak bersisa.”

Gue mikir, lebih baik jadi budak ketimbang keilangan titit gue.

Gue : “Gak boleh milih yang lain ngapa?”

Cak Kandas : “Nggak! pilih salah satu!”

(gue terkapar disuruh milih barang-barang gak berguna itu)

Manusia emang kejam. Karena emang gak punya daya dan upaya, akhirnya gue nyerah milih salah satu barang yang ditawarin. #Benchong-omong doang#

Karena gue terbuat dari karet, otomatis opsi milih rokok ama korek gue ilangin. Iseng-iseng gue jatuhin pilihan ke kunci kontak. Ntah tanpa alasan, gue kena marah ama Kandas. Akhirnya gue ditogokin ke lantai ampek bagian bawah gue ngelipet ke atas.

(ampuun bos…gue jadi agak gepeng)

Gue merintih-rintah minta ampun. “Ampuun bos..ampun…” Dijamah, di olorin, di togokin diatas tegel gue terima, asal nyawa gue tetep ada.

Kandas emang brengsek, die tersenyum gembira ngeliat gue yang ngerintih kesakitan. Gue tinggal nunggu waktu aja buat balas dendam.

Waktu die bilang ke bang joel mau ke kamar mandi karena kebelet e’ek. Kurasa ini waktu yang tepat. Gue liat die ngeletakin atribut berharganya ; hape, pulpen, kunci kontak dan dompet. Diem-diem gue ambil dompet ama kunci kontaknya. Trus gue sembunyiin tu barang.

Gue menghindar ke kamar lain. Dan gue tidur diatas dompetnya yang garing gak berisi. Ni photo gue ditiduran di atas dompet :


(tidur apa nidurin? mirip wortel pengangguran)

Oke, gitu aja cerita gue tentang kesotoy-an malam gila ini. Gue titip salam sama loe-loe pade. Salam dan peringatan buat anak-anak manusia : “Don’t try this at home alone, bahaya…” he..he..he..Salam kenal dari CIPRET yak…

***

Ah, lega nian. Perut isun da waras. Saatnya buat keluar beli makanan. Isun kembali ke kamar. Ambil jaket, Cuma mana yach dompet ama kunci kontak isun? Isun ngeraba-raba jaket, eh gak ada. Sialan! Isun taruh dimana tu dompet.

Ya biarlah, isun ngutang dulu ke bang Joel. Dan malam ini masih panjang buat ngelembur tugas diatas ketidakpastian gaji.

C…U…again.


Komentar

