Seakan saya tidak punya presiden Keep Goin’


Kayaknya postingan ini akan berakhir dengan kalimat kasar. Aku mengetik dengan gemuruh didada yang membara. Membatin tanpa henti dengan situasi kawan saya di tempat yang mencekam. Sambil sesekali berbuat semampunya untuk melakukan perubahan. Inilah dimana “limit” benar-benar menghadang, dan kemampuan untuk melakukan segalanya “kandas” di tengah mustahilnya hukum sebab akibat. Dibalik semak-semak keputusasaan, aku terseok-seok merintih sambil mendekam dalam-dalam kalimat yang akan kuungkapkan. Kawan, aku ingin berkata: “Seakan saya tidak memiliki presiden.”

Al-right, hanya itu saja yang ingin kuucapkan kepadamu kali ini. Itulah kondisi buruk yang sama-sama kita hadapi. Tentu Anda paham apa yang terjadi sekarang. Isu-isu kondisi ketidakpastian saudara-saudara sebangsa, balutan citra media yang mempesona, pengalihan isu massa, pemfokusan pada hal-hal yang melalaikan kita tentang kondisi di luar sana yang butuh penanganan cepat, dan terakhir ini kita disuguhi ritual pernikahan anak raja dengan putri menterinya.

Seakan saya tidak punya presiden

Aku merindukan sosok Soekarno
Pun juga Panglima Soedirman yang bersahaja
Aku rindu engkau Supriyadi
Aku menangis agar Diponegoro dibangkitkan
Aku tersungkur agar Gus Dur kembali datang

Bangga kepadamu wahai Cak No pedagang bakso keliling
Keringat yang keluar di dahi Mak Rah penyapu jalanan
Edi si penyemir sepatu di Bungurasih
Kerabat sebangsa di Timur yang sangat teracuhkan
Engkaulah Presiden itu, bukan yang lain
Ia bersemayam di dadamu…

Kawanku, inilah ketidakpastian dan itulah yang terjadi. Biarkan ia terjadi karena memang harus terjadi. Aku pun tak acuh dengan kondisi ini. “I DON’T CARE” ku sematkan di tangan. Tapi kaki harus melangkah. Kepala terdangak ke depan, menatap hari esok yang cerah. Sambil hati tersimpan erat, bergumam mengikuti getaran alam.


One response to “Seakan saya tidak punya presiden Keep Goin’

Komentar

