Self Confidence Tengah Hutan


Oke, my english is sucks…tapi selalu ingat bahwa ada kesempatan untuk memperbaikinya. Pertama-tama bisa dibilang bahwa saya nervous berat. Di jawa, boleh saya cas-cis-cus ngomong inggris, tapi kalo ngomong langsung sama orang yang dari bayi sudah dijejelin bahasa inggris kayak native speaker jadi urusan lain. Jujur saja bahwa saya nervous berat. Yang paling ketara adalah perasaan inferior dibandingkan orang lain, dan itu adalah penyakit. Beberapa hari saya nervous, tapi lambat laun, jadilah nervous itu hilang berganti dengan kepercayaan diri.

Saat pertama kali datang, saya ketemu dengan ekspat yang tubuhnya gempal-gempal. Nampaknya mereka gila nge-gym (saya kira mereka sangat gila, super gila dengan muscle). Ngomongnya cepet, spontan, dan asing ditelinga. Bila sebelumnya liat filem kita masih bisa ngeja apa yang dikatakan aktor, tapi sekarang aktornya langsung ngomong ngajak ngobrol dan jujur, saya gak paham.

Setelah ketemu di helipad Kuala Kencana, saya diajak ketemu sama bosnya Ekspat, namanya Jay Brian. Disana di brefing sebentar, dan masih saja, ngomong inggris kayak suliiiiit banget. Asem….Ia pun memaklumi, rasanya dia memberikan beberapa waktu buat adaptasi supaya gak aneh-aneh amat ngomong sama mereka. Dan terapinya khas amerika, mereka jangan dianggap bos, anggap saja sebagai teman. Jangan canggung, katanya. Nyantai saja, relaks, dan biarkan mengalir apa adanya.

Nasehat tetaplah nasehat. Free buat diikutin apa ndak. Saya masih bertarung dengan kemampuan yang saya miliki. Jangan-jangan emang gue gak bisa bahasa inggris. Jangan-jangan gue gak bisa diterima ama mereka. Jangan-jangan emang kosa kata yang aku miliki minim. Dan seribu satu jangan-jangan yang menghinggapi kepala.

Trik jitu nanggepin lack of confidence kayak gitu emang bukan hanya butuh nasehat. Tapi juga butuh take action di lapangan. Salah satu yang paling saya senangi adalah langsung terobos di lapangan, action, dan lakukan terus menerus. Okelah emang baru beberapa tahun saya mempelajari bahasa inggris, dibandingkan dengan mereka yang sudah sejak bayi di timang-timang pake nina bobok bahasa inggris tentu jauh sekali. Tidak ada yang tidak mungkin, langsung saja ngobrol, biarkan saja salah, toh salah juga mereka pasti tanya :what you mean?” gak kalah akal, kalo mereka gak paham, saya pake jurus singkat; bahasa tubuh.

Emang masih banyak perbaikan sana-sini dan disitulah letak enaknya belajar. Belajar langsung praktek, praktek, dan praktek setiap hari. Entah apapun yang terjadi pokoknya ngomong-ngomong dan terus cas-cis-cus sampek mulut kemeng (capek).

Buat supplement tambahan, akhirnya saya download beberapa video dari you tube yang nampilkan native speaker bicara. Saya terus aja listening, ndengerin apa yang diomongin di youtube. Buat yang lagi fokus sama speaking sama mahami kata spontan dari mulut native tak ada cara lain kecuali dengan terus mendengarkan apa yang native speaker omongkan baik itu berupa video atau mp3.

Sekarang gimana? Sudah lancarkah?? Masih jauh tapi lumayan ketimbang pertama kali datang. Saya juga masih berusaha agar tambah lancar, tambah paham, dan lebih spontan dalam mengucapkan kata ke mereka. Just be your self dalam mengungkapkan kata-kata. Ya kayak ngomong indonesia tapi kali ini dalam bahasa yang berbeda.

Untuk masalah perbahasaan, saya kira cuma butuh kebiasaan, Kata orang sepuh, asal bisa karena biasa, dan memang begitu adanya. Kebiasaan akan membuat yang membiasakan jadi mudah, lancar, dan spontan.

Oke kawan, gitu aja postingan masalah Self Confidence kali ini.

Terus bangun kepercayaan diri karena itu penting untuk kemajuan bersama. Saya gak percaya kalo ada orang ngerasa gak ada kelebihan, eit, stop! Renungkan sebentar dan lihat kembali, PASTI ada salah satu yang menonjol pada diri Anda. Paling tidak, anggota tubuh Anda pasti menonjol…hahaha

Keep Goin’ dan selalu semangat membangun Indonesia.


3 responses to “Self Confidence Tengah Hutan

Komentar

