Jangan Tinggalkan Berburu Untuk Bisa Komputer


Kemaren malam gak sengaja mencet-mencet remote. Ada acara bagus di metro. Disitu disiarkan Ulasan suku komoro yang termasuk salah satu tujuh suku asli di area tambang. Ada adegan Desi Anwar lagi ikut-ikutan nimbrung dan ngelihat aktifitas harian mereka.

Masyarakat komoro adalah masyarakat tepi pantai yang masih kental dengan budaya pesisir. Mereka masih tergantung dengan pantai, berburu, dan menikmati hidup seperti masyarakat pada umumnya. Ciri suku Komoro adalah fisik mereka yang tinggi. Jika pada umumnya tinggi 175cm sudah tergolong menjulang, tapi ukuran fisik segitu untuk suku Komoro tergolong pendek.

Image

Ukiran Khas Suku Komoro- Saya Jepret di Rimba Hotel…

Yang menarik adalah, gimana sebenarnya usaha-usaha untuk mengenalkan masyarakat komoro pada budaya baru bernama ; modernitas. “Kita tidak usah meninggalkan berburu supaya bisa komputer,” kata sang Antropolog. Modernitas tidak melazimkan kita untuk meninggalkan budaya asli-nya kita sendiri. Saya manggut-manggut aja di depan tivi.

Contoh paling mendasar adalah masyarakat Bali yang sukses menggabungkan modernitas dan keaslian budaya mereka. Di Bali, Anda bisa melihat masyarakat pergi ke pure, bersembahyang, dan melakukan kegiatan adat setiap hari tanpa harus hilang arah di tengah arus modernitas.

Suku komoro, dan juga ribuan suku lainnya di papua adalah anak-bangsa yang memilih bergabung dengan “rumah besar” bernama Indonesia. Suatu hari nanti, entah kapan, saya ingin menyaksikan mereka tersenyum dan merasa bangga menjadi Indonesia—satu perasaan yang sudah berpuluh-puluh tahun diacuhkan Jakarta.


Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: