Manfaat Ikutan Bikin Group


Punya group kecil-kecilan yang terdiri dari 5-10 orang, saya rasakan banyak manfaat yang bisa diambil. Kebetulan group yang saya ikuti ini awalnya bukan terbentuk dari dunia maya, tapi kebalikannya ; dari nyata menuju maya.

Ceritanya gini, dulu pas Kuliah, kita adalah orang-orang yang terasingkan oleh keadaan ; ada yang sibuk cari downline terus sampek kayak-kayak gak mau kuliah, ada yang kerja sampingan di detcon (group jawapos) sehingga gak ada waktu buat kumpul sama temen-temen, ada yang saking malesnya hingga gak mau kumpul kalo gak sama temen sekelas. Jadilah mereka yang hobi “aneh” ini bikin group sendiri.

Kisah perjalanan gerombolan ini pun dimulai. Dari kumpul-kumpul biasa menjadi keseringan kumpul, bikin makan-makan bareng, bikin arisan per tiga bulan, bikin diskusi kecil-kecilan tentang peluang-peluang yang menghasilkan uang, bikin arisan bulanan, bikin acara dan terakhir bikin pertandingan nurunin berat badan.

Over all membuat group yang diprakarsai perasaan senasib dan perjuangan dalam bentuk perkumpulan punya efek positif loh. Beberapa yang saya rasakan adalah sebagai berikut :

1. Setiap teman pasti punya kelebihan, dan kelebihan itu yang bisa menutup kekurangan kita. Misalnya gini, ada temen yang bisanya kerja, trus ada temen yang ahli berbisnis. Nah dari dua kutub yang saling berlawanan itu munculnya campuran dan simbiosis baru. Yang niatan usaha boleh pinjem ke yang kerja dengan bunga tertentu, dan yang bisanya kerja juga terbantu karena tambahan dari uang pinjaman tersebut.

2. Group yang saya ikuti jadi semacam tempat mengagas koneksi dengan group lainnya. Misalnya jadi tempat ngobrol enak buat ngenalin ke cewek/cowok dari kenalan-kenalan teman kita. Atau misalkan jadi tempat munculnya informasi-informasi berharga tentang pertemanan dengan group lain, pertemuan dengan orang asing, atau sekedar hang-out dengan teman sekantor. Jangan salah loh, perluasan tali silaturahmi juga mendukung kinerja pertemanan Anda yang sapa tahu bisa memunculkan peluang-peluang menjanjikan.

3. Yang paling jamak didapati dari perkumpulan yang saya ikuti adalah seringnya kita makan bareng di luar. Yup, ini yang paling sering. Kadang gak disangka-sangka, tiba-tiba ada yang ngajakin makan di warung. Gak sengaja ada yang kerasukan hawa bagus trus ngajakin beberapa teman makan enak, dll.

4. Group juga membuat saya termotivasi terus untuk mencapai kemajuan-kemajuan yang telah teman lain buat. Misalnya saja ada temen yang baru beli rumah. Wow…itu bisa jadi motivasi  agar bisa membeli rumah juga.

5. Group juga menjadi tempat untuk saling memperbaiki sikap, memaksimalkan potensi, pun juga mengevaluasi kesalahan-kesalahan yang telah kita perbuat. Teman group bagi saya menjadi semacam kaca yang saya gunakan untuk melihat bagaimana langkah-langkah saya selama ini. Kalo istilah agamanya jadi “tempat untuk saling menasehati”. Dan emang begitu kawan, syukurlah sesama teman gak ada yang show off satu sama lain sehingga apapun yang dikatakan di diskusi group—meski itu pahit–jadi semacam canda tawa  yang memotivasi dan mengingatkan semua anggota.

Itulah manfaat yang bisa saya ambil dari bikin group. Berangkat dari offline menuju online. Nah, kalo ada yang punya manfaat group dari online ke offline, silahkan share aja ya…


2 responses to “Manfaat Ikutan Bikin Group

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: