Mencerna Informasi


Jadi penulis di media bebas macam blog gini rasanya hambar kalo gak ngomentari setiap peristiwa  yang lalu lalang disekitar penulis. Ada ghiroh/passion yang menyala-nyala untuk menyampaikan sesuatu ke blog. Ada greget untuk berbagi dengan orang lain tentang nilai tersembunyi yang terkandung dalam setiap peristiwa. Semoga semangat sharing ini tidak hambar, tidak dinilai negatif oleh orang lain. Pun juga atas dasar semangat berbagi, semoga yang menuliskan dapat manfaat dari apa yang disampaikan. Amien…

Baru aja saya ngomentari diskusi panjang lebar di Group BB kawan-kawan kuliah dulu. Kita emang bikin group dengan niat silaturahmi dan kabar-kabaran antara teman yang sekarang lagi sibuk kerja sendiri-sendiri. Lumayanlah, dengan adanya group ini paling tidak kita bisa berbagi informasi antar teman, berbagi topik-topik apa aja yang terjadi di sekitar kita. Nah, tadi lagi seru-serunya diskusikan pengajian Emha kemaren malem.

Apa yang didiskusikan? Ya topiknya tentang pengajian yaitu “wani ora umum” alias berani beda. Dalam bahasa arab dikenal “Kholif Tu’rof”, atau bahasa marketingnya “purple cow” ; sapi ungu selalu menarik perhatian diatara gerombolan sapi yang lain. Tapi yang jadi bikin saya menikmati diskusi rame itu adalah : wani ora umum adalah strategi, bukan ideologi, apalagi agama.😀

Misalnya gini : gimana kalo duitnya jamaah haji itu dipending dulu–trus diinfakkan untuk membayar hutang indonesia, gimana kalo haji itu di tes kayak cpns–sehingga titel haji benar-benar bermutu dan jadi harapan banyak orang layaknya harapan semua orang yang pengen jadi pns, dst-dst.

Ujung-ujungnya kita diskusikan masalah gadget. Yup, satu teman lagi sibuk nabung buat beli I-phone 4 S. Dia ngasih informasi kalo iphone ini akan ngalahin Galaxy 3-nya Samsung. Apa boleh bikin, saya manggut-manggut mengamini komentar dia yang ciamik. Dia pun nganjurin supaya yang punya android supaya selekasnya di root? Di root? yah, saya emang pengen banget nge-root tapi gak ada info. Saya tanya dia gimana kalo Droid Huawei saya bisa digunakan sebagai bantaian root-rootan. Saya pengen tuh gadget maksimal. Saya berkeinginan kalo nge-rootnya dilakukan sore ini atau malam ini juga.

Hedew…agak apes memang, ternyata dia ada acara lain ni sore sampek ni malem. Katanya ada sidak mendadak rektor Unair di kampus C. Jadilah keinginan saya yang udah munjung-munjung ini kandas di tengah jalan.

Saya sendiri sudah nyoba tanya-tanya di forum tentang root yang khusus buat ICS, sampai detik ini saya belum dapet yang Ice Cream Sandwich. Apalagi ni gadget buatan cina, jadi ya saya maksimalin aja. Nah, tatkala denger informasi kalo temen saya ini ternyata bisa nge-root ICS, langsung saya samperin dech diya. Sapa tahu ternyata dia sudah dapet roo-rootan yang buat ICS…Amiin.

***

Diskusi lompat-lompatan ; dari permasalahan agama ke permasalahan gadget yang sedang terjadi di group BB kami adalah gambaran kecil tentang globalnya pembahasan di dunia maya. Semua boleh berpendapat bahkan semua boleh komentar apa saja. Namanya juga dunia maya, ia adalah ekspresi pemikiran yang tertuang dalam sebuah lapangan bernama : penulisan! Loncat kesana-kemari bukan hal aneh, mbahas permasalahan bawah perut sampai hubungannya dengan Lauhul Mahfuz merupakan hal lumrah yang gak bisa dibatasi.

Di tengah-tengah lompatan informasi itulah saya sebisa mungkin bisa menyaring ; mana-mana yang cocok dengan saya, dan mana-mana yang saya buang di keranjang sampah. Saya jadi inget kata motivator Stephen R Covey : AMBAK (Mana yang bermanfaat bagiku). Mungkin trik ini bisa dipake untuk menyaring derasnya informasi yang berkembang di dunia maya.

Selamat menikmati hari Anda di google, Selamat menyaring informasi yang sedang Anda cerna.

Keep Goin’


One response to “Mencerna Informasi

Komentar

