Lagi-Lagi Prinsip Tok Cer : “The Writer Behind His Blog”


Kebiasaan menulis di blog hampir punah karena saking lamanya update tulisan yang tak kunjung diperbaharui. Ada dosa terselubung saat blog ini terdiamkan sekian lama. Gatal rasanya ide-ide yang ada di kepala ini tak dituangkan kedalam bentuk tulisan. Dan lebih bodohnya lagi,  hal tersebut saya alami di saat semua infrastruktur menulis tersedia luas.

Kebodohan saya itu tersingkap sangat jelas tatkala laptop sudah ada, buku-buku juga tinggal pinjam saja di perusahaan, bahkan tab yang merek cina pun sungguh ciamik bila ditancepin keyboard dan ngetik langsung di aplikasi droid. Sungguh-sungguh sangat merugi dan sungguh-sungguh sebuah kebodohan yang nyata.

Untuk itulah semua insfrastruktur pendukung ini mulai saya karyakan satu demi satu. Untuk tab, saya juga download wordpress for android sehingga menulis di tab bisa langsung dilakukan. Dan untuk itu, saya sediakan waktu khusus guna terus mengupload tulisan-tulisan disela-sela kerjaan setiap hari.

Pada titik ini, saya teringat dengan perkataan guru saya bahwa infrastruktur seyogyanya bukan alasan atas kegagalan dan ketidakmajuan. Faktor yang paling penting adalah pada diri manusia itu sendiri, pada sosok yang mengendalikan dan memakai infrastruktur tersebut. “Man behind the gun”, kata pepatahnya.

Kendala apapun tidak ada artinya jika ia dilandasi pada niat dan kesungguhan untuk mencapai sesuatu. Beralasan pada ketersediaan sarana dan prasarana bisa jadi benar, tapi kadangkala ia menjebak kita untuk menunggu sesuatu yang sangat-sangat sempurna. Kendati disisi lain, manusia pasti memiliki cela sehingga tetap tak bisa dikatakan sempurna.

Malam ini adalah tonggak baru di blog ini setelah sekian lama menanggur dan berjamur. Sarana sudah tersedia, dan kini, the writer behind his blog-lah yang akan berbicara.


Komentar

