Menemukan “Ngeh” Dengan Terus Keep Doin’ It


Saya coba buka-buka website pembelajaran cara menulis blog. Ada banyak tips dan trik seputar bloggin. Ada tentang motivasi untuk mengupdate, menulis terus menerus, blogging untuk diri sendiri, blogging untuk perusahaan, bloggin untuk UKM, dan seabreg tips dan trik lainnya yang sengaja di desain guna mensupport semua orang untuk menuliskan sesuatu di blog mereka.

Saya sendiri memang terbantu dengan berbagai tips itu, kadang pula tak jarang jika kebanyak baca tips akhirnya terlena dan stuck disitu. Keasyikan baca-baca (yang kadangkala disertai angan-angan busuk) akhirnya membuat saya tidak segera bertindak untuk menuliskan sesuatu di blog.

Blogging lebih tepatnya dikategorikan sebagai sebuah ketrampilan. Mirip halnya berbagai ketrampilan lainnya, blogging bisa diasah sedemikian rupa, tergantung minat masing-masing orang yang menekuninya. Ia tidak hanya membutuhkan ilmu, tapi juga menekankan bobot latihan yang terus menerus. Untuk melakukannya sangat mudah : ya tinggal lakukan saja, lalu biarkan mengalir. Lakukan saja setiap hari, tanpa berpikir hasilnya bagaimana. Saya menyebutnya dengan : Cara Gila Blogging.

Cara gila blogging sebenarnya bisa didapatkan dari metode jalanan yakni : langsungan saja tanpa canggung. Orang mengatakannya : “langsung ceburin diri, terlibat di dalamnya, dan menguatkan diri untuk mengasah keahlian tersebut”. Saya pun mengibaratkan demikian : siapa sih yang tidak capek saat diri kita melatih diri untuk berlari? Siapa sih yang ndak pernah jatuh saat berusaha menaiki sepeda untuk pertama kalinya? Dan memang dalam blogging, hal-hal demikian MUSTI dialami.

Seperti yang Anda temukan di blog ini. Hampir semuanya tidak bertema dan menurut beberapa orang, hal demikian dapat merusak blog itu sendiri. Tapi saya tidak peduli. Pondasi saya menulis blog hanyalah : menuliskan sesuatu sambil disisipi harapan bahwa tulisan tersebut bisa bermanfaat bagi orang lain. Jika tidak bermanfaat? Ya ndak papa ; nothing to loose.

Maka ada baiknya menempatkan blogging dalam ruangan yang bebas yakni mengerjakannya dengan sangat relaks, tidak terbebani dengan ini itu, tidak muluk-muluk menghasilkan uang, ataupun juga mengerjakannya gila-gilaan tanpa ada janji akan datangnya pendapatan bulanan.

Maju terus blog-blog di Indonesia. Salam hangat selalu untuk terus mengekspresikan berbagai hal menuju Indonesia yang lebih baik lagi.


Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: