Rasa Kangen Diobati Dengan JTV


Tiba-tiba teman sekamar saya menemukan hal baru. Dia berkata kalo siaran JTV yang ada di jawa timur sana bisa ditangkap di siaran televisi Papua. Dia langsung pegang remote dan memencet tombol nomor 79 tempat JTV itu disiarkan. Rasanya senang bukan main, ada obat rindu yang selama ini terpendam. Rasa kangen itu sedikit terobati dengan informasi-informasi dari sekitaran daerah jawa timur.

Kita berdua juga makin sumringah tatkala ada siaran konyol. Setelah lihat berita seputar jatim, kita masih khusyuk di depan tv sambil melihat kekonyolan dubbing bahasa jawa. Lebih lanjut, kita berdua pun mengenali siaran yang di dubbing itu ; Acara satu-satunya smart car tercanggih di dunia yang bisa mengalahkan “sirri” sekalipun. Mobil itu bernama Kitt dan acaranya berjudul : Knight Rider.

image

Ada bahasa-bahasa konyol disana yang dalam konteks kita orang jawa timur sungguh sangat menggoda ketololan intelektual. Misalnya : Mbecungik (cemberut), Nggrocol (menyerocos), hingga kalimat : “menghadapi musuh dalam sarung”. Tak ayal, kita pun terkekeh-kekeh minta ampun. Rongga-ronggo di perut berkontraksi mengalahkan tendangan jabang bayi di usia sembilan bulan.

Eniwei. Keseharian yang mengharuskan diri berkomunikasi dalam bahasa inggris pun sedikit banyak mempengaruhi diri saya pribadi. Tapi satu hal bahwa memang meskipun lidah ini mengucap dalam bahasa apapun, tapi akar budaya itu tak pernah bisa dibohongi. Ia menyeruak bak anak kecil di toko permen ; senang, rindu, dan menginginkan agar ia terus berada dalam sanubari terdalam.

Think Globally, Act Locally, but don’t forget your nationality


One response to “Rasa Kangen Diobati Dengan JTV

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: