Project Baru Yang Layak Diperjuangkan


Seminggu yang lalu saya terlibat pembicaraan serius dengan salah seorang kawan tentang “added value”. Kawan saya itu berkata : “Segala sesuatu kalo banyak jadi murah, kullu syai’in idza katsuro rokhusho”. Saya termenung jadinya. Kalo setiap orang bisa bahasa inggris, maka profesi penerjemah jadi gak menarik lagi dong? Tapi kalo ada nilai tambah yang diberikan lebih dari hanya seorang penerjemah, nah itu baru bisa jadi unik. Contohnya bagaimana? Misalnya selain ahli bahasa inggris, ada baiknya jika punya kelebihan lain seperti : public speaking, atau interpersonal skill. atau menulis dengan baik.

Dari sharing ala jalanan seperti diatas, saya termenung sebentar. Wow…ternyata profesi yang sedang saya geluti sekarang ini sudah gak menarik lagi ya. Apa pula yang perlu dilakukan agar bikin nilai profesi ini naik, atau mungkin bisa dilirik oleh pihak lain untuk karir yang lebih. Saya memutar otak. Bicara kami lanjutkan. Dari situ terpecahlah satu demi satu ide-ide yang kudu direaliasikan sebagai bentuk added value personal.

Mula-mula saya berpikir untuk menuliskan 100 halaman. Yup….Hanya 100 halaman. Entah itu bentuknya essai kah, bukukah, atau apapun yang penting terdiri dari 100 halaman. Awal yang mudah bagi saya. Lalu apa yang bisa ditulis dalam 100 halaman itu? Itulah gunanya diskusi dengan teman. Dari pembicaraan (yang disambi dengan main pe es bareng di kamar), muncullah beberapa ide menarik untuk ditulis :

1. Sampai saat ini, kita seirng mengkritisi situasi dan kondisi yang kita temui sehari-hari. Pengen rasanya kita ikutan nimbrung memberi ide dan solusi atas masalah yang terjadi. Tapi bagaimana? bentuknya bagaimana? Nah, kebetulah bisanya nulis. Makanya kita kumpulkan 25 ide menarik yang bisa diaplikasikan di area perusahaan.

2. Kita sekarang sedang aktif-aktifnya belajar ilmu peranjingan. Wah, kenapa tidak dipublikasikan saja? Sayang kalo kita belajar ke bule-bule itu tapi tidak menuliskan apa yang sudah diajarkan lalu di bagikan ke khalayak umum. Dari keseharian itu juga, kita punya inisiatif untuk mengumpulkan foto-foto harian, lalu menuliskan sesuatu tentangnya. Why not?

3. Terinspirasi dari tulisan harian, kita akhirnya bikin : http://www.doggyface.wordpress.com sebagai solusi alternatif untuk menuangkan ide apapun yang terkait dengan peranjingan.

Kawan, itulah beberapa project pribadi yang sedang dibahas dan mulai di buat. Kita akan sediakan energi besar untuk menggapai rencana-rencana diatas.

Ada baiknya jika saya sedari awal menyanggupi bahwa : menuliskan sesuatu secara spesifik, meraih apapun jika dijabarkan detailnya, saya rasa akan mudah untuk diukur dan dilaksanakan.

Ketemu lagi dengan tulisan-tulsian berikutnya. Saya akan update 3 proyek terbaru diatas.

C..U…


Komentar

