Fokus dulu pada manfaat, setelah itu terserah Anda


Kata itu saya sarikan dari acara blog Walking yang sering ane adakan sehari-hari. Kegiatan ini hanya mengisi waktu kosong, dan merupakan kegiatan tambahan setelah bosen buka fb dan twitter.

Tepatnya “giving a Value” itu saya temukan dari blog milik Steve pavlina. Bahasan tulisan yang disampaikannya waktu itu tentang “passive income”.

Intinya gini : sebelum mikirin gimana bisa ngasilin uang, pikirkan dahulu tentang apa yang mau ente kasih ke orang lain dan berguna bagi mereka. Baru setelah itu mikirin gimana dapet duit.

Yup, memberi manfaat bagi orang lain itu adalah rumus tok cer untuk terus dapat sesuatu untuk survival. Hukum universalnya : memberi itu selalu baik…bagaimanapun bentuknya Ia selalu baik…titik.

Apa yang bisa diberikan? Memberi itu bisa dilakukan di semua level. Dari kelas minor sampek major, dari tataran sudra hingga pandita, atau dari orang paling gak punya hingga yang paling kaya sekalipun. Anda bisa memberikan uang pada orang lain yang membutuhkan, memberi perhatian pada orang lain, memberi kesempatan atas gagalnya sesuatu, dan jika diperhatikan, memberi nilai bukanlah perkara materi. Ia menyentuh apapun dari level terendah hingga tertinggi.

Bagi blogger, memberi informasi adalah hal yang biasa dilakukan. Entah apa niatnya, memberi informasi selalu mendatangkan manfaat. Paling tidak Anda akan mendapatkan reply alias balasan komentar dari apa yang sudah Anda berikan.

Nah, ada komentar atas tulisan ini? Heuheuheu…semoga saja bermanfaat.


Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: