Masih Tentang Nyampah! Bag 2


Mungkin maksutnya adalah mirip dengan prinsip falsafah jawa yang berbunyi : “Ngunu yo ngunu, neng ojo ngunu” (Begitu ya begitu, tapi gak segitunya kaleee…)

Masih berkaitan dengan tulisan Nyampah. Yang diharapkan adalah sebuah tulisan/web kreatif agar “iklan” masuk tersebulung sehingga dirasa “wajar” bagi pembacanya.

Ternyata kewajaran juga berlaku dalam dunia virtual. Hmmm..Sebuah hukum yang memang berlaku umum. Terlalu gila juga ndak enak dipandang. Terlalu mencolok juga gimana gitu rasanya. Ya wajar-wajar sajalah!

Tentu hal ini menimbulkan pertanyaan : “Apa parameternya sesuatu itu dikatakan wajar? Kudu gimana sih kewajaran itu di buat di dunia maya?”

Kewajaran di dunia maya itu saya ibaratkan seperti membuat acara tv yang menyediakan “sarana” bagi penonton (giving value), semakin menarik acara yang ente buat, semakin banyak orang yang lihat, tanpa sadar mereka menikmatinya, dan tanpa sadar mereka akhirnya berani untuk mati-matian mbelain acara ente itu.

Kejelian macam begitulah yang dilhat oleh entreprenuer teknologi macam Mark Zuckenberg (Pendiri Facebook), Jack Dorsey (Pendiri Twitter), Andrew Darwis (Pendiri Kaskus), dan sederet orang-orang kreatif lainnya untuk membangun web yang diminati banyak orang. Lama-kelamaan, mereka yang hidup dalam komunitas web itu jadi terjerumus aka “nagih” ama produk yang udah dicobain.

So, intinya adalah memberi nilai. Menyediakan sarana yang dibutuhkan oleh banyak orang.

Lalu pertanyaannya? Adakah sarana lain yang bisa dipersembahkan untuk mereka komunitas virtual?

Jawabannya : Masih dan akan terus berkembang, tinggal kita-kita aja yang jeli untuk melirik mana-mana yang bisa dijadikan “alat” guna memproduksi acara tv yang bermutu.

Just keep your google handy!!


Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: