Tulisan Nyampah! Bag 3


Atau mungkin tulisan ini dirasa sampah? Hahaha…

I would say : Probably..And I don’t care. But I just let you know that I care one thing ; I care about my blog and I’m try’n to provide a good stuff.

Nyampah bagi saya adalah biasa saja. Apalagi nyampah dalam hal tulisan. Banyak sekali tulisan saya yang dirasa kurang efektif dalam penyampaian. Bermakna ganda. Terlalu bertele-tele. Tapi ndak papa. Saya memahaminya sebagai sebuah proses penulisan.

Intinya cuman satu : Kalo ane berhenti menulis, itu berarti sudah melewatkan satu kali praktek menuju target penulisan yang mengalir dan enak dibaca. Kalo ane berhenti, itu berarti sama dengan tidak komitmen terhadap blog ini. Titik!

Tulisan yang enak dibaca itu butuh latihan. Butuh untuk mengalir lewat tuts-tuts keyboard agar tak mandek dan tersendat. Ia butuh diasah setiap hari. Semakin hari semakin tajam. Semakin hari semakin pandai memenggal mana-mana yang kudu ditulis, dan mana-mana bagian yang dirancang untuk mengejutkan pembaca.

It’s all about practice…

Saya ndak tahu berapa kali pak Dahlan Iskan itu latihan hingga tulisannya sekarang enak dibaca dan perlu (Mirip iklah tempo ya…heuheuheu)

Saya juga ndak tahu gimana Emha Ainun Najib itu dapat menuliskan ide-ide spiritual yang cerdas dan sering mencenangkan urat otak kita lewat tulisan-tulisannya yang bermutu.

Itu semuanya hanya perkara “seberapa” banyak kita latihan mengungkapkan sesuatu melalui tulisan.

Awalnya akan buruk dan sulit. Dan memang begitulah adanya. Segala sesuatu akan sulit di awal.

Atau mungkin begini ; awalnya nyampah, tapi satu waktu sampah itu bisa didaur ulang!


Komentar

